FKMBPTDIY Jilid 1

| Posted in Trendmarching

Jogjakarta merupakan kota pelajar dengan banyaknya universitas swasta yang menawarkan beragam jurusan dan fakultas masing-masing. Ditengah kegiatan kuliah dan akademis ada kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi bagian dari UKM di universitas masing-masing. Salah satunya UKM Marching Band atau Drum Band. Kegiatan ini merupakan kegiatan seni dan musik dicampur dengan pergerakan langkah kaki dalam suatu kelompok. Daya tarik lainnya adalah kebersamaan dan banyaknya anggota dalam satu band/unit sehingga memudahkan interkasi sosial antar mahasiswa/i. Jogjakarta memiliki 8(delapan) perguruan tinggi : MB UGM, MB Atmajaya, MB CDB UNY, MB UPN ‘Veteran, MB Janabadra, MB UII, DC UNY, MB UMY. Kegiatan latihan bersama latihan persection alat sering dilakukan bersama.

logoforkomb
design logo : kinkin

Kepengurusan FKMBPTDIY dimulai dengan terpilihnya ketua umum periode 1998-1999 di UPN Veteran pada tanggal 13 September 1998. Selanjutnya ketua umum merancang struktur organisasi dan menempatkan delegasi-delegasi dari unit untuk menjadi pengurus FKMBPTDIY, penempatan delegasi sebagai pengurus berdasarkan kesepakatan antara ketua unit dan ketua FKMBPTDIY dengan alasan kemampuan personal yang dikirimkan unit diketahui secara jelas oleh masing-masing ketua unit. Pelantikan pengurus dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 1998 di kambus Atmajaya Yogyakarta dan diisi pula dengan kegiatan penampilan per unit dan penampilan kolaborasi sebagai puncak acaranya. Sebagai langkah penting untuk konsolidasi dan rencana kerja penguus diadakan Rapat kerja yang diselenggarakan di UII pada tanggal 7 November 1998 untuk merancang program kerja yang akan dijalankan selama masa kepengurusan.

Kepengurusan periode 1998  1999 telah mengalami beberapa kali reshufle pengurus. Untuk tri wulan pertama Sekretaris Umum, Wakil Sekretaris, Bendahara Umum dan wakil bendahara mundur sebelum usai kepengurusan dengan alasan studi dan karier sehingga jabatan ini sempat vakum beberapa bulan sehingga tugas – tugas yang seharusnya dilakukan menjadi tanggungjawab Ketua Umum dan pengurus yang lain. Posisi ini terisi beberapa bulan kemudian yaitu Sekretaris Umum pada bulan Mei dan wakilnya dua bulan kemudian. Bendahara umum diperoleh bulan Agustus.
Untuk tri wulan kedua terjadi reshufle lagi yaitu mundurnya Koordinator Departemen Usaha Dana yaitu saudara Andi Saputra yang menjadi Ketua MB CBM Wangsa Manggala digantikan Saudara Jhoni Saputra yang sebelumnya adalah anggota USDA.

Sesuai dengan tujuan yang tertuang pada pasal 6 Anggaran Dasar, maka tujuan yang ingin dicapai pada kepengurusan ini adalah implementasi program kerja yang mengarah kepada tercapainya persatuan & kesatuan antar unit MBPT se-DIY dan mengembangkan MBPT se-DIY. Selain itu, sasaran kerja kepengurusan juga mengarah kepada peningkatan sumber daya anggota, memperluas jaringan kerjasama dan membangun eksistensi FKMBPTDIY. Event terbesar yang pernah digarap adalah HBCUP 1999 sebuah kejuaraan marching band outdoor pertama di Indonesia.

Kepengurusan pertama adalah :
Para pengurus FKMBPTDIY tersebut adalah :

Ketua: Syaiful Mustamin
Wakil Ketua: Budi Busmar
Sekretaris Umum: Yanne Erikha Sari
Wakil Sek. Umum: Yuni Dwi Astuti
Bendahara Umum: Andrie

KABID I: Agus Susilo
Dept. PSDM: Alfiansyah
Asyikin
Noviardhani
Bobby H.

Dept. LITBANG :Fais Ferdian L.
RD. Melantono

KABID II : Ruri Oktovira

Dept HUMAS :
Desmon Irawan
Jumadil Agus
Ratri
Wawan Muhyidin

Dept. USAHA DANA :
Joni Saputra
Nur Hidayatullah
Ketut Sudiarta
Aldi Syaiful

Para pengurus diatas rata-rata merupakan mantan pengurus senior di unit nya masing-masing. Seingat saya pada awal kepengurusan di bulan November 1998 begitu semangat karena ada proyek besar HBCUP 1999. Rapat terus di UII Cik Ditiro sebelum mendapat sekretariat di Kampus UPN Babarsari. Nama-nama seperti Qyeng, Ipul, Busmar,Kinkin, Gtoms menjadi pelopor HBCUP dan penjaga sekretariat :)

Website organisasi ini yang content datanya sesuai kepengurusan diatas dapat dilihat di http://thunder.prohosting.com/~forkom/index.htm web ini design dari Jaimy Azle.

Write a comment