FKMBPTDIY Jilid 2

| Posted in Trendmarching

Kenapa FKMBPTDIY ini begitu menarik saya tulis di blog ini ?
Yah, karena organisasi mahasiswa seperti ini sangat menarik dan unik dalam perjalanannya, apakah masih bisa eksis kedepan atau akan berhenti sampai tahun ?

Jilid 2 :
Kenapa FKMBPTDIY ini begitu menarik saya tulis di blog ini ?
Yah, karena organisasi mahasiswa seperti ini sangat menarik dan unik dalam perjalanannya, apakah masih bisa eksis kedepan atau akan berhenti sampai tahun ?
Pasca Kejuaraan Nasional Drum/Marching Band Piala Bergilir Sri Sultan Hamengku Buwono yang berlangsung tanggal 23-25 Juli 1999 di Stadion Mandala Krida, FKMBPTDIY memiliki nama yang harum dikalangan dunia marching band tanah air. Banyak pihak memuji akan pelaksanaan kejuaraan yang fair ini. 8 unit perguruan tinggi membantu pelaksanaan kejuaraan ini dengan semangat persatuan dan persahabatan. Bagaimana kedepan FKMBPTDIY ?

Tahun 2000, organisasi yang dibentuk ini mengalami perubahan yang (katanya) disesuaikan dengan perubahan dan perkembangan lingkungan dan anggotanya. Memasuki tahun kedua kepengurusan ada banyak hal yang ingin dibenahi sehingga keberadaan FKMBPTDIY sebagai suatu organisasi MB PT DIY sungguh  sungguh bukan suatu omong kosong. Kegagalan transfer visi yang berujung pada mandegnya regenerasi di tubuh FKMBPTDIY suatu fakta yang membuat kita patut bertanya Ada apakah gerangan ?
Mengingat hal tersebut di atas dan mempertimbangkan struktur organisasi dan komposisi kepengurusan periode 2000 / 2001 perlu berdialog dan membenahi bersama sama wadah yang (inginnya) menjadi suatu FORUM KOMUNIKASI antar Marching Band Perguruan Tinggi di wilayah DIY ini. FKMBPTDIY ini adalah investasi kita, yang bagaimanapun harus dikelola demi perkembangan dan kemajuannnya. Unit  unit sebagai anggota harus ikut bertukar pikiran untuk memecahkan beberapa permasalahan karena organisasi ini dibentuk bukan demi siapa  siapa selain kebutuhan unit  unit anggota sebagai pemilik.

Isi pembicaraan meliputi tanggapan ( ide, saran ) dari unit : – Kesulitan dalam menempatkan orang dari unit untuk duduk dalam kepengurusan – Antisipasi ke depan untuk regenerasi FKMBPTDIY – Peranan DPO untuk penghubung antara unit (anggota) dengan pengurus. – Mekanisme kerja organisasi

Kemudian pertemuan ini juga akan membahas yang sedianya akan diselenggarakan 15 Juli 2000. Pemilihan waktu ini karena selain optimalisasi persiapan juga memerlukan kehadiran Sri Sultan HB X selaku pelindung organisasi yang akan melantik pengurus baru. Acara pelantikan akan diawali dengan Coaching Clinic dan malamnya upacara pelantikan. Kita akan mengekspose FKMBPTDIY; kegiatannya termasuk HB CUP 2001.

Musyawarah Anggota(musang) berlangsung alot dan dead lock pada pemilihan Sekjen(sekretaris jenderal), istilah Ketua Umum dihilangkan dan diganti Sekjend. Setelah melalui diskusi dan loby-loby panjang akhirnya terpilih Syaiful Mustamin kembali dengan penambahan Koordinator Staff untuk regenerasi, berikut susunan kepengurusan FKMBPTDi(FORKOMB)

SUSUNAN PENGURUS
FORUM KOMUNIKASI MARCHING BAND PERGURUAN TINGGI se-DIY PERIODE 2000 – 2001

Sekretaris Jendral : Syaiful Mustamin,SE
Kood.Staff : Noor Wasito Djati
Ka.Biro Kesekretariatan : Eta Fitriyah
Didin Sirodjuddin
Ka.Biro Keuangan : Andrie Wahyu Astuti
Frida Rahmadianti
Ka.Biro HUMAS : Sita Ardani
Juna Dwi
Ka.Biro Pengembangan MB : Alfiansyah
Alamsyah
Ariyo
Ka.Biro Penggalian Informasi: Henry Gultom
Eddy Suryawan
Ka.Biro Marketing: Joni Saputra
Asyikin(kinkin)

Visi : Mencapai persatuan dan kesatuan antar unit MBPT se-DIY
Misi : Mengembangkan MBPT se-DIY yang mengarah kepada terwujudnya persatuan dan kesatuan antar unit MBPT se-DIY
Motto : Sebagai Satu Keluarga yang Saling Memberi dan Menerima
Gaya Manajemen :
-Desentralisasi
-Partisipatif
-Keaktifan dan kreativitas per bidang
-“sense of mission
-Efisiensi dalam berkomunikasi (cepat,mudah,murah)
-Bekerja bersama dan bersama bekerja

Catatan :
Pada penentuan apakah siap Forkomb melaksanakan HBCUP 2001 diliputi banyak masalah dari kesiapan SDM panitia/dana dan sebagainya. Alfiansyah memperkenalkan MB 7 sebagai event organizer untuk membantu melaksanakan event ini. Dalam pembicaraan antara pihak event organizer MB 7(Anto Brazilianto, Apri Sugiarto) dan pihak Forkomb(Pengurus dibantu M Nessekumaren) sempat terjadi debat sengit dari sistem budgeting dan sharing fee….sempat emosi juga dari pihak MB 7. Pokoknya awalnya sudah tidak kondusif. Sementara sinyal kuat dari unit marching band luar yang ingin ikut cukup antusias dan sudah disetujui Sultan HB membuat Sekjend Syaiful Mustamin menyetujui proyek ini digarap event organizer MB 7.

Pelaksanaan HBCUP 2001 tanggal 19-21 Juli 2001 secara umum berjalan sesuai adanya, tetapi dari sektor kualitas mutu kejuaraan berkurang dan gagal, nama besar Forkomb tercoreng dan Forkomb diharuskan meminta maaf secara terbuka kepada unit yang dirugikan.
Tragis….sedih hubungan MB 7 dan Forkomb saling lempar kesalahn dan pihak MB 7 tidak transparant dalam pelaporan keuangan. Forkomb ndak punya kekuataan apa-apa dan didalam MB 7 kawan-kawan kita juga.

Pasca HBCUP 2001 suram bagi Forkomb dan perlu waktu membersihkan dan memperbaiki nama. Karena Forkomb identik dengan HBCUP.

Write a comment