HBCUP 08-13 Juli 2003 Sukses

| Posted in Trendmarching

HBCUP 2003 yang dijadikan sebagai wadah kompetisi bagi band-band di tanah air berlangsung sukses meriah dan memperbaiki citra nama baik Forkomb kembali. Walau dari segi mutu kualitas peserta kurang banyak band-band top tanah air yang ikut. Tapi dengan datangnya Juri Luar Negeri Jim Casella dari Santa Clara Vanguard Drum & Bugle Corps membuat kejuaraan ini bergengsi.


Pada Color Guard Contest event berlangsung meriah di Gor Among Rogo, sebelum pertandingan dimulai juri-juri masuk yaitu Kiki Djayadiningrat, Sopuan, M Kadri, Joedhi Roemekso, tampak mereka mengenakan seragam kaos biru dan bertuliskan JUDGES di belakang. Sesudah itu dimulai penampilan peserta pertama yaitu DB UGM, THE XC’S CORPS Jakarta, MB UII, DELTA CORP SYMPONY, MB UI, GARUDA INDONESIA FLIGHT, MB ATMAJAYA, NAWALA POS INDONESIA, dan diakhiri MB UNWAMA, beberapa catatan saya dari penampilan performances semua guard terlihat memang menampilkan bentuk dan kreasi bentuk masing-masing sesuai tema yang dibawa band sendiri-sendiri, yang unik juga ketika guard MB UII sebelum memulai menampilkan “goyang Inul” yang dilakukan salah satu guard cowoknya, kocak memang, setelah penampilan semua guard band ditampilkan acara hiburan sembari menunggu hasil rapat dewan juri. Lebih dari satu jam rapat juri dan dihasilkan keputusan dan dibacakan oleh Panitia. Juaranya CG Garuda FDC
Hasilnya rekapitulasinya dapat dilihat di :

http://www.trendmarching.or.id/hbcup

Pelaksanaan Percussion Festival di Among Rogo Hall dimulai pukul 09:00 wib dengan masuknya Juri yaitu Mr Jim Casella, Ginanjar Kamil, Bacharuddin. Penampilan peserta dimulai dari MB LISTYA DWIJASWARA, MB UII, MB UPN VETERAN, THE XC’S CORP, MB UNWAMA. Yang berbeda dengan kejuaraan lainnya adalah setiap akhir penampilan peserta dilanjutkan dengan evaluasi 15 menit langsung oleh Mr Jim Casella untuk memberikan masukan-ilmu dan teknik bermain perkusi agar terlihat feedback pembinaan ke unit secara langsung. Smart dan bagus untuk pengembangan perkusi di tanah air. Tampak band yang menunjukkan kelasnya adalah The XC Corps dan MB UPN yang bermain dengan roll-roll dan gerakan effect yg akrab kita lihat di DCI…...keren dah ngelihatnya,.....Hasil juaranya dibacakan langsung Mr Jim Casella sebagai Ketua Dewan Juri. The XC Corps sebagai Juara Umum Percussion Festival.

Tanggal 12 Jul 2003 Event Display di Stadion Mandala Krida….acara display dimulai dengan masuknya juri-juri yang diketuai oleh Singgih Sanjaya dan Mr Jim Casella yang kali ini menjadi juri General Effect. Penampilan dimulai dengan DB TELKOM LANGSA, DB BINA REMAJA, DB PP AL MAWADAH, MB BAHANA PATRA PERTAMINA, DB GITA ARWANA, MB UPN VETERAN, MB GEMA NADA DARUSSALAM, DB GSP SD SURONATAN, MB CDB UNY.
Penampilan setiap band menunjukkan mulai menaiknya kualitas band-band menengah di tanah air dan pemahaman tentang style marching band juga sudah maju….hal ini tentu akan meningkatkan kualitas band-band di tanah air. Diakhir acara diberitahukan bahwa akan ada pertemuan antara dewan juri dengan manajer-manajer unit untuk mensosialisasikan hasil dan masuknya unit ke divisi I atau divisi II baik DB maupun MB. Acara selesai dan menunggu rapat juri kurang lebih satu jam, kemudian manajer-manajer unit dipanggil. Dalam proses sosialisasi hasil penilaian ini ke manajer-manajer unit terlihat Singgih Sanjaya Jim Casella memberikan banyak input untuk setiap band guna membenahi bandnya untuk persiapan Final.

Hasil Display Kualifikasi adalah :
Marching Band :
Divisi I :
1. MB UPN Veteran JOGJAKARTA
2. MB GEMA NADA DARUSSALAM GONTOR
Divisi II :
1. MB.BAHANA PATRA PERTAMINA PLAJU PALEMBANG
2. MB.CITRA DERAP BAHANA UNY

Drum Band :
Divisi I :
1. DB.GITA ARWANA SMUN 3 GORONTALO
2. DB.BINA REMAJA TULUNGAGUNG
3. DB.GSP SD SURONATAN MUHAMMADIYAH
Divisi II :
1. DB.GITA SANDY PUTRA TELKOM LANGSA ACEH
2. DB.PP AL-MAWADDAH PONOROGO

Demikianlah hasil display kualifikasi dan semua peserta terlihat puas dengan hasil tersebut.

Display Final 13 Juli 2003 dimulai sore harinya dengan penampilan kelas Drum Band divisi II dan I dan dilanjutkan ke kelas Marching Band divisi II dan I, nampak perbedaan dari permainan mereka saat kualifikasi dan agak lebih bersih dan dinamis. Seru banget saat DB SD Suronatan Muhamadiyah baru masuk mendapat sambutan luar biasa dari penonton dan juga saat MB Gema Nada Darusalam Gontor tepuk riuh penonton bersahutan memberi semangat.

Setelah penampilan peserta dilanjutkan acara hiburan sembari menunggu rapat juri menentukan hasil juara. Pada rapat juri agak ada perdebatan alot diantara juri, saya yang mendampingi semua rapat dewan juri menjadi saksi bahwa semua juri menunjukkan sikap profesionalisme nya. Setelah semua juri menyatukan pendapat dan hasil penilaian, pengumuman juara pun dibacakan oleh Panitia dan disambut deg-deg an semua peserta yang defile di tengah lapangan.

Yang jelas Predikat Juara Umum HB CUP itu kembali ke Jogjakarta setelah dari tahun 1999-2002 di pegang MB UI Jakarta. Dua kali disandang MB Madah Bahana UI Jakarta(1999 & 2001) dan kali ini disandang MB UPN Veteran Jogjakarta(2003).
Dan ini menunjukkan kebangkitan marching band di Jogjakarta dan merupakan pemacu keras untuk band-band di luar Jogjakarta untuk terus berpacu keras pada event HB CUP pada 2005. Maju terus berlatih keras karena setiap saat perkembangan marching band di tanah air terus meningkat.
Malamnya semua panitia sibuk salam-salaman event ini berlangung sukses. Di Hotel juri diadakan briefing dari panitia, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam bagi semua juri atas dedikasinya pada HBCUP 2003 ini. Dan juga tak lupa kepada Bang Yeppy Pangaribuan, Pak Paulus Gani dari PT. Citra Intirama yang berkerja sama dengan kita dan mendatangkan juri luar Jim Casella melalui PEARL Asia. Urusan Juri beres saya cabut ke Stadion Mandala Krida dan melepas lelah bersama panitia-panitia yang masih ada disana tampak juga, Kumar, Alam, Asyikin, Qyeng, Aryo, Edi dan lainnya yang tidak saya sebutkan satu persatu.

Paginya saya pulang ke jakarta dari Bandara Adi Sucpito dan sebagian panitia masih molor kecapekan, saya diantar sama Edi(kordinator Kamar Hitung).

Sampai Jumpa semua teman-teman Forkomb HBCUP !!
Vayous Con Dios(GBU)

Write a comment