Gathering Marching Band Indonesia

| Posted in Trendmarching

Trendmarching merupakan wadah online bagi para pecinta drumband dan marching band Indonesia. Situs Trendmarching yang tahun 2004 ini berusia 3 tahun kembali mempersembahkan sebuah acara sosial dan mengikat tali silaturahmi persaudaraan diantara marching band Indonesia. Banyak teman-teman marching band dari berbagai daerah yang sering online di web, chat room dan milis Trendmarching hadir dan nongkrong di stand ini.

Acara ini berlangsung dari tanggal 18 -19 Desember 2004 di stand Trendmarching pada saat Grand Prix Marching Band 2004. Konsep acara ini sederhana dan mencoba menampilkan hal berbeda dibandingkan yang lain karena acaranya lebih bersifat keakraban.

Acara digelar dari Nonton bareng dci dengan dikomentari narasumber seperti Rene Conway, Aak(Baharuddin) dan lainnya. Pada acara ini disambut antusias karena video DCI tersebut ditampilkan melalui layar big screen 4×4 meter dengan tata sound system kelas tinggi dari CI, ditambah peralatan teknologi multimedia dari Trendmarching.

Baik diarea stand Trendmarching penuh membludak sampai diatas lantai pintu masuk VIP dapat melihat tayangan tersebut.

Disamping pemutaran dci tersebut acara lain juga digelar yaitu Launching perdana buku Bpk Kirnadi yang berjudul : Pengetahuan dasar Marching band dengan penerbit PT Citra Intirama, pada acara ini dibagikan secara simbolik 500 buku secara gratis, acara ini dihadiri oleh Manager Marketing Citra Intirama Paulus Gani, Bapak Kirnadi selaku penulis, Ibu Lisa Ayodia(Ketua Harian yayasan GPMB), CEO Trendmarching Henry Gultom, PDBI Bpk Lutfi,dan dihadiri tamu undangan dan pembina band. Saat buku dibagikan tampak peserta berebut untuk mendapatkannya, dan Maskir kewalahan juga dalam menandatangani buku-buku tersebut.

Acara lainnya adalah Bincang-bincang membahas perkembangan marching band didaerah pada acara ini dihadirkan narasumber :
Perwakilan Marching Band dari Bali : Chandra
Perwakilan Marching Band dari Semarang : Tony Refa
Perwakilan Marching Band dari Medan : Mat Harahap
Perwakilan Marching Band dari Jawa Timur : Zulkarnaen
Perwakilan Marching Band dari Sidoarjo : Johan
Perwakilan Marching Band dari Jogjakarta : Samadi
Perwakilan Marching Band dari Jogjakarta :Ujung S
Bapak Kirnadi selaku Keynote Speaker.

acara ini berlangsung cukup alot karena masing-masing daerah memberitahukan bagaimana perkembangan marching band disana dan bagaimana perjuangan mempertahankan sebuah band agar tetap eksis dan bisa mengikuti perkembangan teknologi marching band. Belum lagi permasalahan PDBI yang kurang peka mendukung kegiatan band-band yang memiliki style marching band. Permasalahan sebuah band memang sangat kompleks baik band universitas sampai band umum. Dari masalah birokrasi dana sdm pemain dan sdm pelatih. Bapak Kirnadi juga memberikan masukan-masukan bagaimana menghadapi permasalahan tersebut. Di tengah perbincangan tersebut agak terganggu dengan adanya demo alat disamping stand Trendmarching Citra Intirama tersebut, tetapi ini bukan kendala tetappi menunjukkan keanekaragaman sifat manusia marching band Indonesia dan tak terlepas dari dunia bisnis. Semua positif tinggal bagaimana memilah sisi positif dan negatif untuk masing-masing individu.

Acara lain seputar bincang-bincang juga diadakan yaitu Asosiasi Pelatih Marching Band Indonesia pada bahasan ini dihadirkan narasumber :
Sdr Iway (Ketua Team Perumus)
Bpk Kirnadi (pencetus ide)

acara ini dimulai dengan pemaparan dari Maskir tentang Asosiai Pelatih Marching Band Indonesia…kemudian penyampaian visi dan misi AD/ART asosiasi ini oleh Sdr Iway. Skema acara ini juga dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta yang hadir dari berbagai unit mereka menyampaikan dukungan dan saran masukan kritik bagi terbentuknya asosiasi ini. Beberapa saran diantaranya menginginkan agar asosiasi ini bisa masuk ke band sekolah/universitas untuk bisa membantu menaikkan skill band dan juga dapat memberikan workshop2 tentang dunia kepelatihan dan juga meminta agar asosiasi ini bisa menerbitkan sertifikat atau legalisasi.

Selama 2 hari pelaksanaan Trendmarching juga membagikan form isian profile pelatih dan telah dikembalikan puluhan data-data pelatih dari tanah air yang hadir pada acara ini. Profile mereka akan kita tampilkan pada bagian fitur Profile Pelatih.

Pada pembahasan lain juga dibahas permasalahan juri dan penilaian, bagaimana membangun industri marching band Indonesia, dan juga diselingi acara nonton bareng DCI dan Santa Clara 2004 warming up percussion.

Acara yang cukup menarik adalah saat MB Suara Manggala Dara Denpasar Bali main full brass dan percussion di depan stand Trendmarching, mereka memainkan beberapa lagu dengan tanpa beban dan penuh hentakan dan goyangan dari semua pemainnya, acara sangat ramai penonton berdesakan ingin melihat dari dekat bagaimana permainan juara Divisi Sekolah GPMB 2004 ini, salah satu tim teknis MB Suara Smansa Manggala Dara Denpasar Sdr Wahyu Bhakti mengatakan semangat anak-anak Bali ingin menunjukkan bahwa band SMA bisa bertarung dan berhasil dengan hasil juara 1 di divisi sekolah.

Satu hal yang menarik adalah saat Steve Bentley(Blue Devils Drum & Bugle Corps) berkunjung ke stand Trendmarching dan sempat ikut menyaksikan Nonton DCI, langsung saat itu diputar Blue Devils dan Steve mengatakan ” Wow thats my band “...Awesome…. Saya berkesempatan berfoto bersama dengan Steve Bentley(Caption Head Horn Line Blue Devils USA).

Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih bagi pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, kita doakan perjalanan dunia marching band Indonesia tahun 2005 berjalan lebih baik dari tahun 2004.

Salam Trendmarching selalu.

Comments (1)

saya mo tanya…
saya iri dengan perkembangan marching band i jawa medan dan kota2 lainnya…
saya pgn tw dimana saya bisa membeli buku Bpk Kirnadi yang berjudul : Pengetahuan dasar Marching band dengan penerbit PT Citra Intirama,,
karena buku ini sangat bermanfaat bagi saya..
trimms.. mohon bantuannya

Write a comment