Rahasia Hidangan Ikan Bakar ala Gorontalo

Ikan bakar yang lezat dengan aneka sambal pedas tampaknya menjadi primadona hidangan di Gorontalo. Menu makanan ini tampaknya sudah menjadi keharusan baik di warung-warung sederhana sampai ke restoran terkemuka di kawasan ini. Memang Kabupaten Gorontalo merupakan salah satu wilayah maritim penghasil ikan yang sangat kaya. Seolah alam demikian pemurah memberikan kawasan ini beragam jenis ikan dan hasil laut lainnya.

Kondisi kelautannya yang relatif masih belum tercemar di kawasan ini membuat ikan dan hasil lautnya tergolong berkualitas prima. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi cita rasa hidangan panganan laut dari kawasan ini. Ikan dari kawasan ini tetap mempunyai rasa yang agak manis dengan daging yang kenyal meski telah dibakar. Meski banyak hidangan lain yang ditawarkan tetapi hidangan ikan bakar tampaknya demikian populer baik di kalangan masyarakat setempat maupun para pendatang. Memang, disamping kualitasnya yang prima, sajian hidangan ikan bakar di Gorontalo ini terkenal karena kekhasannya. Berikut kita akan lihat berbagai hidangan ikan bakar yang sangat populer di kawasan ini serta tentu saja rahasia yang membuat hidangan ikan bakar dari Gorontalo ini sangat istimewa kelezatannya.

Hidangan ikan bakar ala Gorontalo ini menjadi sangat istimewa karena menu pendamping serta sambal pedas yang menyertainya. Bukan hidangan Ikan Bakar namanya jika tidak disantap dengan sambal rica dan sambal dabu-dabu. Dan, hidangan ikan bakar pun tidak terasa lengkap tersaji tanpa sayur tumis kangkung atau pun tumis bunga pepaya. Dan, rahasia kelezatan hidangan ikan bakar ini sebenarnya terletak pada dua hal, yaitu kesegaran dan pengolahan ikan serta keunikan rasa khas pada sambalnya.

Adapun rahasia kelezatan ikan bakar Gorontalo terletak pada kesederhanaan pengolahan sebelum ikan dibakar. Apapun jenis ikan yang dipilih untuk hidangan ini terlebih dahulu ikan dibumbui garam dan perasan jeruk kingkit. Yaitu sejenis jeruk nipis tetapi ukurannya lebih kecil dengan bagian dalamnya berwarna oranye muda. Rasa masam jeruk ini terasa agak sedikit manis dengan keharuman yang sangat khas. Aroma jeruk kingkit ini disamping menghilangkan bau amis ikan juga mempertajam rasa asli dari ikannya itu sendiri. Dan menu ikan bakar Gorontalo ini memilih ikan-ikan yang memiliki rasa khas, seperti Baronang, Cakalang, Krapu, dan Kembung Banjar. Oleh karena ikan-ikan dari silayah ini memiliki kesegaran dan kualitas prima, maka pengolahan yang sederhana tersebut menjadikan kita dapat dengan jelas membedakan rasa asli dari masing-masing jenis ikan yang dihidangkan.

Rahasia lain dari kelezatan ikan bakar Gorontalo ini terletak pada proses pembakarannya. Setelah ± 10 menit didiamkam dalam bumbu garam dan perasan jeruk kingkit, bagian luar ikan dikeringkan dengan menggunakan kain bersih. Setelah itu dilumuri dengan minyak jelantah, atau minyak yang telah dipakai untuk menggoreng. Hal ini disamping menjaga agar kulit ikan tidak rusak karena menempel pada alat pembakarannya juga ikan menjadi lebih cepat matang tanpa menjadi gosong. Pelumuran minyak jelantah pada kulit ikan ini juga akan membuat ikan tampak mengkilat ketika dihidangkan.

Seperti telah disinggung sebelumnya, rahasia lain dari kelezatan hidangan ikan bakar ini terletak pula pada sambal pelengkapnya. Yaitu sambal rica dan sambal dabu-dabu. Jika sambal rica disajikan dengan cara dilumuri pada ikannya, maka sambal dabu-dabu disajikan secara terpisah dari ikan bakar yang menjadi menu utamanya. Apa rahasia kedua sambal istimewa tersebut?

Rahasia kelezatan sambal rica yang dilumuri pada ikan terletak pada proses pembakarannya. Bumbu rica yang terdiri dari gerusan kasar cabai merah, jahe, dan bawang merah ditambahi dengan perasan jeruk kingkit dan minyak goreng. Minyak berbumbu rica ini dioleskan pada ikan sebelum dibakar. Sehingga rasa rica yang pedas meresap kedalam ikan dengan sempurna. Sisa dari olesan bumbu rica lalu ditumis dan disiramkan di atas ikan yang telah dibakar matang.

Berbeda dengan sambal dabu-dabu yang disajikan secara terpisah dengan ikannya. Sambal khas yang segar ini terdiri potongan bulat dan kasar dari bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan tomat mengkal. Setelah potongan bumbu dabu-dabu ini diletakkan di dalam wadah tambahi garam lalu disiram dengan minyak goreng panas dan diberi perasan jeruk kingkit yang harum.

Hidangan ikan bakar dengan kedua jenis sambal khas ini terasa kurang lengkap jika tidak disantap dengan sayuran yang berupa tumisan kangkung atau tumisan bunga pepaya. Kombinasi hidangan ikan bakar ala Gorontalo ini dijamin memuaskan selera dan cita rasa bersantap anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.