Net Sebagai Ideologi

Internet pada awalnya merupakan sebuah media baru dalam teknologi informasi, berjalan dengan membawa fungsi dan manfaat yang luas. Embrio dasarnya memiliki maksud mempermudah hubungan komunikasi. Tetapi dalam perjalanan dan perkembangannya internet justru memiliki pengaruh luas yang sangat banyak diseluruh dunia. Begitu banyak memujanya sebagai dewa yang dapat menjadi pegangan hidup. Walaupun internet masih memiliki kekurangan-kekurangan dalam infrastrukturnya tetap saja bisa merambah ke negara-negara di seluruh dunia. Seseorang dapat memasukan informasi dirinya ke dalam internet dan dalam sesaat data itu dapat diakses ke seluruh dunia.

Begitu mudahnya melakukan lobi politik, mendapatkan teman di negara lain tanpa harus bertemu dan bertatap mata. Kebebasan yang diberikan juga sangatlah diluar batas dan sangat melimpah. Kebebasan tanpa batas ini tanpa ada yang melarang dan diluar batas-batas kewajaran membuat internet menjadi berbahaya. Kebebasan inilah yang merupakan bagian dari struktur liberal yang mulai menjadi kekuatan internet untuk menjadikan mesin liberalismenya.
Net-isme memiliki model kebebasan liberal ; sesuai pendapat Theodore Meyer Greene(1957:24) :
“The liberal attitude is a natural expression of faith in freedom. If we believe in freedom we shall wish to act without restraint; we shall regard this freedom as our right, and we shall defend the corresponding right of others as sedulously as we do our own

Perkembangan Internet dalam Net-isme dan menjadi model-model liberal suatu ideologi cyber-liberal yang mempengaruhi eksistensi negara, etika politik, perdagangan global bagi masyarakat dunia. Ideologi Net menganggap dirinya memiliki akses yang tidak terbatas. Status Net saat ini adalah menguasai komunikasi universal, dan mengglobalkan jaringan Net tersebut. Sistem kebebasan Net, sehingga jaringan ini mempunyai banyak kekuatan untuk mengekspansi sisi kehidupan baik sisi politik, ekonomi, sosoial dan budaya.
Dokumen ideologi “Net-Isme” menurut Alvin Toffler dan G A Keyworth serta Electronic Frontier Foundation(http://www.eff.org) memutuskan dokumen ideologi cyber liberal diambil dari “Magna Carta” untuk usia pengetahuan dan People And society Cyberspace.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.