Hotspot Sekolah

Hampir 1 tahun atau tepatnya 10 bulan koneksi internet free hotspot sebuah sekolah Nasional Plus di daerah Kelapa Gading yaitu Saint Peters School berjalan. Dengan memanfaatkan teknologi wireless(nirkabel) jaringan hotspot dibangun di 5 lantai sekolah yang memiliki kurikulum sekolah dari TK, SD, SMP, SMA. Siswa dan tamu dapat memanfaatkan fasilitas internet gratis(free) melalui hotspot yang dibangun di setiap lantai gedung sekolah dan kantin sekolah. Sekolah ini memang menawarkan nilai plus lain dari sekolah lain karena siswa SMA diwajibkan menggunakan laptop, yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan berinternet. Siswa bebas menggunakan internet hotspot dari jam 07:00 wib sampai dengan 17:00 wib dan juga dihari libur misalnya Sabtu dan Minggu mereka boleh ke sekolah dan menggunakan internet hotspot baik di lantai 1-5 gedung sekolah tersebut. Pemakaian internet untuk siswa ini juga dibatasin melalui content filtering terhadap hal-hal yang negatif.
Hari ini saya mengecek atau maintenance server dan jaringan hotspot tersebut baik dari sisi hardware maupun software. Server memakai merk Intel dan Switch Access Point memakai merk Allied Telesyn. Semua Access Point terhubung ke Switch merk Alied Telesyn. Switch tersebut sebagai terminal kabel UTP Cat 6, baik dari Local Area Network(40 titik) dan Access Point(5 titik). Untuk siswa yang menggunakan laptop terhubung dengan jaringan wireless melalui Access Point yang dipasang di tiap kelas dan koridor gedung. Laptop siswa SMA beragam ada yang bermerk Axio, Toshiba, Compaq, NEC, dan sebagainya. Untuk bandwith internet menggunakan koneksi internet wireless 32 kbps ke ISP Vision dan ADSL 384kbps ke ISP Biznet. Untuk maintenance software pengecekan saya lakukan di sisi server yang memiliki 1 server NocatGateway(Linux
Fedora Core 1
) dan 1 server NocatAuthentication(Linux Mandrake 10.0) untuk database memakai Mysql. Hal lain yang biasa dijalankan seorang system administrator adalah mengupdate dan ngepatch server agar senantiasa bebas dari kebolongan dan menghindari pengrusakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Setelah urusan server untuk internet selesai, saya beranjak ke maintenance mail server yang menggunakan qmail dan webserver menggunakan apache. Disamping Saint Peter School sudah ada beberapa sekolah yang menggunakan Hotspot seperti BPK PENABUR, dan sebagainya, kalau Universitas pasti sudah banyak yah :).

Berikut beberapa foto yang dapat menunjang tulisan ini :























7 thoughts on “Hotspot Sekolah

  1. gtoms Post author

    saya juga baru belajar pak, :)

    kalau mau liat teknisnya bisa maen ke sekolahan pak janjian dulu sama saya nanti saya temanin, linksys ndak pernah nyoba pak, tapi prinsipnya AP dengan merk beragam yang beredar dipasaran bisa untuk hotspot, AP Allied Telesyn yg sekolah pake juga sering trouble kadang harus direstart. Untuk di gedung baru sekolah 7 lantai (launch Agustus 2005) nampaknya mau pakai merk lain tapi masih survey dulu :)

  2. fabrianto

    gilee anak skolahan deh wiFi punya, kampus q baru aja dipasang kemaren bandwithnya cuman dipatok 512Kb lagi, super lambat g seperti fakultas yg lain. Bung q tertarik tuh yg dipasang dirumah tapi koq cuman difoto doang, g diulas skalian. Go to the IT Indonesia

  3. bowo

    mustinya ada hot spot untuk orang dalam dan tamu
    klo orang dalam pake password
    bandwithnya lebih gede???
    boleh tau paswordnya ga he he…. :)

  4. gtoms

    pengembangannya bisa seperti mas bowo bilang, sistem login untuk guest, tapi saya sudah tidak di saint peter lagi hehehehe….

  5. ardi

    wah smk bekas q skul dah q pasang wifi.. tapi hanya sebatas guru2 dan ruang lingkup masih tidak terlalu luas coz aku pke linksys adsl+ wireless.. klo sekarang aq memblok akses untuk website yang negative menggunakan k9 web protected klo mas untuk blok web itu pke apa y?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.