Perjalanan ke Duri(Riau)

| Posted in Daily life, Trendmarching



Aku menyerahkan Piagam Band Of The Year 2005 kepada Presiden Direktur YPC (Yayasan
Pendidikan Cendana PT Chevron Pacific Indonesia) Duri-Dumai Riau Noor Bambang
Siswoyo.

Sabtu 11 Maret 2006:
aku berangkat ke Pekanbaru Riau dengan menumpang pesawat komersil Lion Air, dulu kalau ada tugas dinas ke luar daerah urusannya pasti urusan kantor(IT), tapi kali ini tidak, seminggu sebelumnya aku menerima undangan dari pengurus Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri  Riau(MB BCK) untuk bisa hadir pada acara Acara Syukuran MB Bahana Cendana Kartika Duri Riau atas keberhasilan mereka meraih juara 1 Divisi Sekolah Grand Prix Marching Band(GPMB) di jakarta, sekaligus acara penyerahan piagam penghargaan Band Of The Year 2005 dari Trendmarching.

Pada akhir bulan Desember 2005 media online Trendmarching News yang aku kelola memberikan Award kepada kepada MB BCK Duri sehubungan perolehan nilai prestasi band mereka selama tahun 2005. MB BCK Duri merupakan unit marching band milik PT. Chevron Pacific Indonesia(PT CPI) dulu Caltex. Aku berangkat hari Sabtu pukul 10:25 wib dari bandara Soekarno Hatta menuju Riau Pekanbaru dan tiba di bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sekitar pukul 12:00 wib, di Pekanbaru Pelatih Kepala Ujung Setiawan sudah menunggu, setelah kangen-kangenan karena
bertemu sohib lama yang merupakan sama-sama mantan pemain Marching Band Universitas Gajah Mada, terakhir bersama Ujung Setiawan bermain untuk MB UGM di GPMB tahun 1997. Kita makan siang sejenak di restaurant cepat saji di kota Pekanbaru dan melanjutkan perjalanan darat ke Duri selama 3 jam. Sepanjang perjalanan pembicaraan tidak jauh-jauh dari pergulatan marching band tanah air, banyak juga saya mendapat input baru dari beliau sehingga dapat merefresh informasi akan perkembangan marching band khususnya di MB BCK Duri. Tidak terasa 3 jam berlalu cukup banyak pemandangan yang dilihat juga sepanjang perjalanan yang paling sering saya lihat adalah kelapa sawit dan pipa-pipa berisi air panas dan minyak milik PT. Chevron Pacific Indonesia. Ujung Setiawan sempat cerita bahwa ada sekumpulan gajah ngamuk di daerah Kandis dekat juga dengan Duri, sampai rumah-rumah warga ada yang digoyang-goyang. Katanya karena daerah hutan lahan di sekitar tersebut sudah digundulin(ditebangi) untuk ditanam kelapa sawit.

Memasuki area PT Chevron Pacific Indonesia Duri, Ujung sempat menelpon asisten pelatih Yayan dan Adi menanyakan apakah latihan di SD Yayasan Pendidikan Cendana sudah selesai, karena mereka latihan dari jam 11:00 wib dan malamnya ada acara syukuran jadi dipercepat latihannya, ternyata semua anak-anak masih disana, dan ada kesempatan untuk mengunjungi anak-anak MB BCK Duri yang terdiri dari anak SD, SMP, SMA. Setelah melewati pos penjagaan kita menuju gedung SD Yayasan Pendidikan Cendana. Sesampai disana terlihat kental suasana latihan anak-anak MB BCK Duri Riau anak-anak SD yang masih kecil terlihat patuh mengikuti petunjuk pelatih-pelatihnya, menurut Ujung Setiawan mereka dipersiapkan menggantikan kakak seniornya yang sudah alumni dan disiapkan berangkat ke event yang akan diikuti BCK. Ujung Setiawan juga memperkenalkan beberapa Pengurus Pembina Yayasan Pendidikan Cendana dan POTA yang hadir disana diantaranya bapak Tengku Said Ridwan, dan Bapak Erwirman. Juga berkenalan dengan Kepala Staff MB BCK Duri Maria Vania GP dan Komandan Lapangan Muhammad Ridwan.


Redaksi sempat mengambil beberapa foto-foto saat latihan dan sesaat sebelum ke penginapan bersama Djaka Agung Setiadi staff peralatan MB BCK Duri melihat gudang peralatan MB BCK Duri yang ada di lantai 1 dan lantai 2, dibelakang aula SD. Semua anak-anak BCK diwajibkan merawat dan memelihara alat-alatnya dengan rapi dan bersih. Setelah meninjau lokasi peralatan BCK, kita berangkat ke penginapan di Kompleks Singgalang 2 no. 11 yang masih di area PT CPI Duri, ikut juga dalam rombongan mas Adi(pelatih drill dan display) dan mas Yayan(pelatih colour guard). Tempat tersebut merupakan rumah dinas yang diberikan Yayasan Pendidikan Cendana Duri kepada Kepala Pelatih Ujung Setiawan bersama asisten pelatihnya. Markas tersebut disamping dijadikan tempat tinggal juga disulap sebagai tempat mengolah segala ide/materi pelatihan kepada anak-anak MB BCK Duri, fasilitas kamar tidur, ac, internet, computer,transportasi dsb sangat membantu aktifitas mereka.


Setelah berehat sejenak mandi dan makan malam, sekitar pukul 19:00 wib kita dijemput untuk ke acara syukuran MB BCK Duri yang bertempat di arena terbuka Gedung SD Yayasan Pendidikan Cendana Duri. Cuaca sangat bersahabat dan sesampai disana duduk bersama para penasehat/pembina/pelatih. Di sisi kiri panggung ada layer putih untuk menampilkan video proyektor, dan didepan terdapat dekorasi backdrop dan dibelakang terdapat jejeran meja berisi makanan dan minuman. Kebetulan saya duduk disamping saya bapak H Tengku Said Ridwan yang merupakan salah satu Pengurus Pembina MB BCK Duri. Beliau banyak bercerita akan perjalanan MB BCK Duri.


Susuanan rangkaian acara syukuran MB BCK Duri antara lain :


- Kata sambutan dari penasehat, pembina, pengurus, dan saya diberi kesempatan memberikan kata sambutan yang diteruskan dengan penyerahan piagam penghargaan Band of The Year 2005 kepada Presiden Direktur YPC (Yayasan Pendidikan Cendana) Duri-Dumai Riau Noor Bambang Siswoyo. Dilanjutkan dengan doa dan pemotongan nasi tumpeng, aksi panggung color gurad MB BCK Duri, menonton video MB BCK Duri di GPMB 2005 dan video kesan pesan alumni MB BCK Duri, pemberian penghargaan kepada alumni MB BCK Duri, makan bersama,ramah tamah, pemberian souvenir dari Trendmarching yang kubawa dari Jakarta.


Kita kembali ke penginapan sekitar pukul 23:00 wib dan istirahat. Di rumah Singgalang II kita masih santai sebelum istirahat bersama mas Ujung, mas Adi, mas Yayan, banyak obrolan ringan dan berat seputar dunia marching band di tanah air.

Minggu 12 Maret 2006 :
Pagi sekitar pukul 09:00 wib salah satu Pengurus Pembina MB BCK Duri Bapak Tengku Said Ridwan menjemput kita untuk mengajak jalan-jalan melihat kawasan industri PT CPI Duri. Pak Tengku Said Ridwan yang juga karyawan PT CPI banyak bercerita tentang area industri PT CPI yang memproduksi minyak. Sambil menyetir mobil Mazda 7295 beliau sangat cakap menceritakan bagaimana proses dari mencari lahan yang memiliki sumber bumi minyak, bagaimana membebaskan dan menjadikan lahan daerah tersebut menjadi milik PT CPI yang selanjutnya akan dijadikan tempat
penyedotan minyak, kemudian hasil sedotan minyak tersebut dialirkan melalui pipa-pipa untuk diproduksi atau saring sebelum masuk ke pipa utama siap untuk di export. Sepanjang jalan kawasan area industri PT CPI duri terlihat berderetan mesin-mesin penggeruk minyak(well), kita sempat mengambil foto diantara alat-alat berat tersebut. Setelah berkeliling-keliling sepanjang kawasan industri PT CPI kita ke luar area Kompleks PT CPI Duri untuk makan di Restaurant Padang.

Menjelang pukul 11:00 wib kita kembali ke komplek perumahan PT CPI Singgalang dan bersiap-siap untuk kembali ke Jakarta. Di rumah Singgalang sudah ada Bapak Ferry salah satu Pembina/Pengurus MB BCK Duri yang akan mengantar
saya ke bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Saya pamitan dengan Pak Tengku Said Ridwan dan beberapa pelatih, Ujung Setiawan ikut menemani saya ke Pekanbaru bersama anak pak Tengku Said Ridwan yaitu Riri. Dalam perjalanan pak Ferry membawa mobil mengantar kita untuk melihat sumur minyak pertama(well) PT CPI di Minas yang ditemukan Maret 1941 dengan kedalaman 800 meter. Selepas dari Minas kita melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru dan melewati Rumbai, sempat memasuki kawasan perumahan di Rumbai dan kawasan perumahan Minas milik PT CPI. Selanjutnya menuju Pekanbaru. Perjalanan cukup menyenangkan dan sampai sekitar pukul 14:30 wib di bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan kita makan siang di sana, setelah selesai saya pamitan untuk kembali ke Jakarta karena sudah ada panggilan agar penumpang Lion Air tujuan Jakarta segera memasuki pesawat dan mengucapkan banyak terima kasih buat semua apa yang sudah diberikan kepada Trendmarching.

Sukses terus Marching BND BCK Duri !

Comments (7)

Hwaw..saya jadi kangen pengen pulang ke Duri dan liat latian BCK lagi :)

tahun berapa dulu ikut MB-UGM, sampeyan dari fakultas opo?

suwun,
bram

mas bram, lewat email aja ya,thx.

Mohon lah jangan terlalu menekan ke perusahaan kontrak…...
ok
good luck for chevron di duri

Dear..

Boleh tau gak klo pesawat dari Jakarta ke Duri itu apa ada yang langsung?

thank you

Sebagai alumni SMA Cendana ‘08 & sebagai supporter MB BCK Duri walaupun blum prnah mnyaksikan pertarungan MB BCK Duri dgn MB dr brbgai daerah secara langsung di Istora Senayan, meskipun saat2 itu saya lg ada di Jakarta, ingin mengucapkan:

“Teruslah Berjuang, BCK!! Teruslah Menang

Long Live. .BCK Duri!!

Long Live

Sebagai alumni SMA Cendana ‘08 & sebagai supporter MB BCK Duri walaupun blum prnah mnyaksikan pertarungan MB BCK Duri dgn MB dr brbgai daerah secara langsung di Istora Senayan, meskipun saat2 itu saya lg ada di Jakarta, ingin mengucapkan:

“Teruslah Berjuang, BCK!! Teruslah Menang!!”

Long Live. .BCK Duri!!

Long Live!!

Write a comment