membasmi spam images

| Posted in Postfix

Email spam makin merajalela saja, seenaknya memasuki mailserver-mailserver yang digunakan ISP, Hosting, Perusahaan dan sebagainya. Mail server kantorku juga kena spam yang memakai images ini, dalam satu hari bisa mencapai 5-10 spam. Spam ini menggunakan CID URL dan Content-ID Header dengan memasukkan embedded image yang di encode dengan base64, jadi isi emailnya ada file jpeg atau gif yang berisi tulisan-tulisan berbau iklan, baca juga di RFC 2557.

Hal ini bikin jengkel dan pusing kepala. Untuk mengatasi ini aku mencoba implementasi FuzzyOCR sebagai pluginnya Spamassassin. Cara kerjanya adalah FuzzyOCR memakai OCRplugin dalam hal ini gocr(optical character recognition program) untuk mengecek secara spesifik keywords didalam image/gif, image/jpeg atau image/png yang diikutkan kedalam emailnya.

Tanpa basa basi aku implementasikan FuzzyOCR pada mailserver, berikut beberapa langkah instalasi yang sempat kudokumentasikan walau tidak lengkap dari proses menginstall library/program pendukungnya dan settingan beberapa file konfigurasinya …....next

Write a comment