The Desember Job(2007)

| Posted in Daily life, Linux Server, Project, Windows Server

Ini bukan seperti judul film The Italian Job (2003) Paramount Pictures. Tetapi lebih kearah apa yang terjadi pada bulan desember 2007 lalu. Sebenarnya part ini harus sudah kutulis bulan desember lalu, tapi karena kesibukan waktu akhirnya semua baru bisa ditulis sekarang di blog pribadi ini dengan materi yang masih terekam di memoriku.

Dari 12 bulan di tahun 2007, nampaknya bulan desember yang lumayan repot dan sibuk. Konsentrasi terpecah menjadi beberapa bagian, pekerjaan kantor, urusan content di Trendmarching, assign 4 side job berbau IT baik di Jakarta dan Balikpapan, serta pulang kampung.

Urusan pekerjaan kantor harus bisa kuselesaikan sebelum cuti, urusan content Trendmarching update setiap hari, assign 4 side job yang menyita waktu harus bisa dicuri disela-sela waktu yang ada. Dan pulang kampung menyambut Natal dan Tahun baru harus diambil dengan catatan urusan diatas bisa diselesaikan. Hari demi hari skedul penuh dengan catatan dan coretan apa yang harus dilakukan dan apa yang sudah dilakukan dengan progress reportnya ke diri sendiri. Semua dilakukan agar fokus dengan model berpikir dan bekerja beda kondisi. Multi tasking pada diri sendiri nampaknya terjadi tidak hanya dengan komputer :)

Urusan pekerjaan kantor bisa diselesaikan dengan baik sebelum pulang ke Medan. Urusan content di Trendmaching yang banyak menyita pikiran karena situs ini sudah menjadi situs utama di komunitas marching band di tanah air, hits kunjungan mencapai seribuan setiap hari menjelang hajatan besar GPMB XXIII di Jakarta 29-30 Desember. Banyak band peserta dan pantia GPMB yang selalu memberikan update beritanya ke situs ini. Urusan ini full setiap hari selama bulan desember sampai sekarang januari 2008.

Desember 2007 lalu aku mendapat 4 proyek IT sampingan baru dari rekan-rekan kantor dan juga ada dari blog ini.

Proyek pertama yaitu E-Goverment di Pemkab Paser Kalimantan Timur. Aku diminta teman yang terlibat didalamnya untuk penanganan network dan system. Setup network dan system untuk NOC nya di Bappeda Paser yang terdiri Cisco untuk firewall dan routing ke VSAT Lintasarta, Server Linux untuk Internet Sharing, Proxy, DNS dan server backup. Server Windows untuk Mailserver, Webserver,File Server. Proyek ini ditangani oleh PT ICTindo Mitra Solusi Jakarta, mereka juga mengimplementsikan Portal daerah yang terdiri dari website daerah dan sistem database KTP dsb di daerah ini, mereka juga mengkoneksikan jaringan LAN antar kantor dinas pemerintah kabupaten dengan menggunakan wireless 2.4 GHz. Dan sistem internet hotspot di Tanah Grogot Pemkab Paser. Penyediaan komputer dan jaringan di seluruh instansi pemkab. Kabupaten Paser ini kaya akan hasil batubara yang sangat mencukupi APDB daerah. Untuk proyek ini sudah turun ke Balikpapan beberapa kali. Jauh juga tempatnya, habis mendarat di bandara Sepinggan Balikpapan, naik speedboat lagi 15 menit ke Penajam lalu jalan darat 2 jam menuju tanah Grogot Pemkab Paser. Setiap kali turun kesana saya melewati perjalanan udara, laut, darat. :) Bagian pekerjaan saya hampir selesai dan masih menyisahkan 1 kali kunjungan lagi akhir minggu januari 2008 ini. Habis ini siap-siap ditilpun kasih support dan maintenance.

Proyek kedua di bulan Desember adalah instalasi dan konfigurasi internet sharing dan proxy menggunakan Linux di PRUsmart wisma Kosgoro Jakarta. Proyek ini hanya makan waktu setengah hari. Karena hanya menyetup 1 pc server linux dan ip publik dari provider internetnya Primanet sudah ready. Disini IT staffnya minta diinstall pakai Fedora Core, dan software pendukungnya seperti Iptables, Squid Custom sesuai permintaan, HTB, MRTG & Lightsquid, IPtraf,Iftop. Habis ini siap-siap kasih support dan maintenance.

Habis menangani di PRUsmart keesokan harinya saya menangani proyek ketiga di perusahaan transportasi pelayaran di Tanjung Priok. Kebetulan IT Managernya senang marching band juga dan pernah bemain saat masih SMA di Tarakanita. Pekerjaan di perusahaan ini hampir sama dengan di PRUsmart, cuman agak kompleks sedikit karena server Internet sharing dan Proxy yang akan disetup juga menampung koneksi VPN dan kantor cabang di Pulogadung dan Manggala Wanabakti. Jadi ada ruting static disana agar semua bisa terkoneksi disamping bandwidth management, content filtering, monitoring log dan bandwidth. Kalau untuk client biasanya saya kasih apa saja yang dia minta jika ingin di custom. Indah banget hidup dengan Linux. :) Disini saya butuh waktu 2 hari untuk menyelesaikan semuanya. Semua source dan instalasi saya berikan ke mereka. Habis ini siap-siap kasih support dan maintenance.

2 hari menjelang natal saya pulang kampung dan bisa tenang, walau hape kadang berdering baik urusan kantor dan urusan lain. Saya juga kecewa berat sama IndosatM2 karena jaringan HSDPA 3,5 G nya ndak dapet di rumah orangtua saya di daerah Pulobrayan Darat Medan. USB Modem ZTE selalu menunjukkan sinyal GPRS :( . Males banget, kalau lagi remote lebih cepat Telkomnet kadang. Saya sempat coba di depan kantor Indosat Medan Jalan Perintis Kemerdekaan baru bisa dapat sinyal 3,5 G HSDPA. Payah….di brosur ditulis sudah bisa didaerah Glugur darat Medan dekat dengan Pulobrayan Darat Medan. Liburan Natal dan Tahun baru sedikit terusik dengan panggilan kerjaan di Balikapapan, karena ada emergency teknis di Kabupaten Paser 2 hari menjelang tahun baru 2008 saya terpaksa turun ke Balikpapan. Tapi tanggal 30 desember 2007 saya sudah balik ke Medan lagi. :)

Akhir Desember 2007 saya assign proyek baru dengan pendiri Saint Peters School dan John Calvin International untuk meluncurkan situs E-Learning ujian Nasional bagi anak SMA dan SMP bernama karyabangsaku.com Untuk proyek ini saya melibatkan teman untuk menangani design dan billing system onlinenya. Saat ini system hampir selesai dan guru-guru yang terlibat sudah diajarin bagaimana login dan menginput soal-soal secara online.

Tahun 2007 sudah lewat dan kumasuki tahun 2008 dengan ucapan syukur kepada Tuhan.

Comments (2)

gan blh nga minta pass wifix bappeda paser n klau blh tau mereka pake ap merk apa???

horas bang gultom….

terima kasih buat info-info linuxnya

Write a comment