ipcop transforma

| Posted in Linux Server, Project

Tanggal 12 februari lalu dapat jatah off dari kantor, bangun pagi bablas sampai terbangun saat ditilpun mantan bos di kantor sekarang yang sudah resign.  Dia minta tolong agar aku ke kantor temannya di Wisma Kuningan dekat kedubes Ausie. Disana internet nya ndak jalan yang mengguakan linux. Lalu aku juga ditilpun IT managernya untuk janjian siang itu sekitar pukul 11 an ke kantornya.  Tanpa deal apapun termasuk biaya aku meluncur kesana untuk melihat letak permasalahannya di sistem internet mereka yang tidak jalan.

Layanan Internet Prabayar Biznet MetroNET adalah layanan broadband Internet tercepat yang ada dipasaran saat ini. Kecepatan koneksi tergantung oleh paket layanan mana yang Anda pilih, dari 64 Kbps sampai 5 Mbps. Kecepatan koneksi adalah antara lokasi Anda dan Biznet SuperPOP yang melayani lokasi Anda. Kecepatan download dan upload yang sebenarnya tergantung oleh beberapa faktor seperti kondisi pemasangan kabel di lokasi, konfigurasi komputer, Internet dan kepadatan jaringan, dan kecepatan server dari situs yang Anda akses, dan beberapa faktor lainnya. Kecepatan dan layanan tanpa gangguan tidak dapat digaransi. (dari situs Biznet)

Sampai disana kantornya lumayan elitlah, tapi bingung kenapa kantor seperti ini tidak punya IT staff yang standby ya..? Disana ketemu bagian umumnya dan ditunjukin ruang server dan selembar kertas berisi bekas catatan ip dan password.  Habis itu survive sendiri mempelajari sisem jaringan internet dan LAN. Dari pengecekan di server diketahui perusahan ini menggunakan ipcop dan terkoneksi ke Layanan Internet Prabayar Biznet MetroNET. Dan menggunakan PPPOE. Si ipcop yang mendial ke Biznet sampai ketemu ip publik si biznet

IPCOPnya crash nih, ipnya kayaknya berubah kacau balau deh, sementara aku ndak biasa makai software instan kayak ipcop, untungnya dulu pernah main-main ipcop di salah satu warnet jakarta yang pernah ku install, dan kalau dasarnya linux apapun bisa di atur.

Aku setup ulang dengan masuk ke sistem nya ipcop. Prinsipnya pada Network Configuration type.  Aku setup ulang untuk  GREEN + RED, dimana GREEN adalah Ethernet yang terhubung ke LAN sedangkan RED adalah ethernet yang terhubung ke ISP/Internet. Setelah OK, Pilih Drivers & card assignments, lalu Ok.  Pilih tulisan Probe agar IPCop mencari sendiri driver untuk RED interface, atau pilih Select jika ingin memilih sendiri driver dari interface tersebut. Setelah driver selesai di install, lalu langkah berikutnya adalah pilih address settings ,tekan OK, kemudian IPCOP akan meminta aku memilih interface yang akan di config, pilih RED, dan tekan Ok. Karena disini tidak mendapatkan mendapatkan ip publik dari ISP atau dynamic, aku pilih yang DHCP, sedangkan untuk PPPOE  pastikan kosong untuk DNS & Gatewaynya. Kemudian keluar dari section menu dan kembali ke root. Setelah itu reboot IPCOP dari prompt dengan mengetikkan reboot.

Kita coba masuk ke web basdnya ipcop melalui https://192.168.1.1:445 sesuai sistem LAN di sana. Pilih network -> dial up.  Disini saya set ulang profile name untuk Biznet.  Kemudian reboot lagi IPCOP anda setelah itu kembali masuk ke web setting dan cek status dari menu system -> home. Lalu login dan lihat status koneksi ok seperti gambar dibawah. Berarti kita sudah terkoneksi ke Biznet. Seruput kopi dulu yang sudah disediakan.

Sekarang coba test browsing ke client, dan ternyata tidak bisa, lalu coba test ping dan lihat konfigurasi ip di client berjalan normal, lalu aku tebak ini squidnya ndak jalan nih, lalu cek konfigurasi squid di ipcop dan buka squid.conf dan benerin ip nya. Lalu restart squid dan reboot ipcop kembali. Sambil berdoa dicek lagi, dan langsung bisa browsing. Begitu jalan Ibu Rara yang bagian umumnya beritau semua karyawan yang dari tadi asik bolak balik lihatin ruang server sambil nanyain sudah jalan belum interne nya….? Begitu jalan itu karyawan semua langsung serius di depan komputer masing-masing dan mulai asyik dengan mainannya ke internet. hehehehe gtomslinux gitu loh !

Jam 4 sore aku cabut dari sana dan sempat ditilpun IT managernya mengucapkan terima kasih, dan aku report sedikit ke mantan bos ku bahwa pekerjaan di kantor temannya sudah kelar dengan cepat.

Situs terkait :

IPCop.org :: The bad packets stop here!How To ForgeIPCop Addons

Comments (6)

please, gw mo buat TA kuliah mo buat Manajemen Internet pake IPCop, bisa bantu info yg INdonesia aja dulu, biar tahu teorinya

saya pernah coba merubah scripnya squid, tapi kenapa ya kok mesti balik lagi di awal tiap kali kita akses IPCOP…? Apa emang squid.conf nya IPcop ndak bisa dirubah pake cara manual yaaa?

waduch… iya mas, saya senasib ama mas karno said!!
saya juga mo bikin TA mengenai IPCOP, tapi kok kesulitan nyari2 artikel bahasa indonesianya ya…???
kira2 saya musti gmn ya mas?!??...
waduch… bantu saya ya mas…

[...] Penyelesaian masalah di Ipcop : oleh Henry Gultom [...]

Senang dapat hal baru, anaway ku tunggu pemaparan yang lain ya…

mas saya mau nanya…ko selama pake ipcop…antivirus tidak bisa langsung update online yah… itu kenapa ya..??

Write a comment