Debian 5.0 “Lenny”

Yes, akhirnya Debian GNU/Linux 5.0 “Lenny” Released, tanggal 14 February 2009 bertepatan hari valentine. Tapi tidak ada hubungannya dengan perayaan valentine. Lenny yang siap didownload menunjukkan kelangsungan hidup Sistem Operasi Linux Distribusi(distro) Debian. Hingar bingar kemajuan distro besar Linux seperti Ubuntu, openSUSE, Fedora, CentOS tidak mengurangi minat developer Debian meneruskan pengembangan distro ini. Semenjak ditinggal pendirinya Ian Murdock yang lari ke SUN, Debian terus berkembang walau agak lama released antar versi.

Berikut rentang waktu code name Debian yang sudah direleased :

buzz->rex 6 bulan
rex->bo 6 bulan
bo->hamm 13 bulan
hamm->slink 8 bulan
slink->potato 17 bulan
potato->woody 23 bulan
woody->sarge 35 bulan
sarge->etch 22 bulan
etch->lenny 22 bulan

Secara pribadi saya penggemar berat Debian untuk menggunakan sistem operasi ini bagi keperluan sebuah Server. Dari release diatas saya mulai menggunakan dari versi woody, sarge, etch. Sekarang semua server yang pernah saya install sudah versi Etch(Debian 4) semua, dengan release 6 untuk keluarga Etch. Dengan keluarnya Lenny  ini membuat saya mulai menjajal versi terbaru ini.

Menurut Release Notes yang dikeluarkan Tim Developer Debian diberitahukan bahwa versi baru ini memiliki  7700 lebih paket baru dari total lebih 23200 paket. Software-software yang disertakan merupakan versi terbaru. Jadi ada penambahan hampir 70 % paket baru dibanding versi Debian 4(etch), dan ada juga yang dibuang dari versi Etch pada keluaran Lenny ini. Untuk kernel menggunakan versi 2.6.26. Debian 5 ini lebih dekat dengan pemakaian komputer desktop dan laptop dengan GUI yang lebih menarik dan ramah hardware.

Untuk software paket keperluan server seperti Apache, BIND DNS Server, Courier MTA, Exim, MySQL, OpenLDAP, OpenSSH, PHP. Postfix MTA, PostgreSQL dll dibundled dengan versi terbaru.

Setelah produksi stable dan perbaikan released Lenny kedepan, rencananya Debian versi terbaru memiliki kode name “Squeeze”

Congrats and thanks to all people involved into releasing Lenny! Keep on the good work!

4 thoughts on “Debian 5.0 “Lenny”

  1. Askari Azikin

    “Secara pribadi saya penggemar berat Debian untuk menggunakan sistem operasi ini bagi keperluan sebuah Server. Dari release diatas saya mulai menggunakan dari versi woody, sarge, etch. Sekarang semua server yang pernah saya install sudah versi Etch(Debian 4) semua, dengan release 6 terakhir untuk keluarga Etch. Dengan keluarnya Lenny ini membuat saya mulai menjajal versi terbaru ini.”

    Memang debian sangat nyaman untuk digunakan, tapi semoga distro ini tetap berlanjut..hehehe..

  2. Kalman Kusnadi

    Hi TOM,

    Hmmm, jadi pengen DONLOT juga nih. Eh kalo ente dah punya copy dong kedan. mo nyoba juga.

    Salam,
    KK

  3. Rahman

    Mas,Bisa gak install modem speedup 8300 3.5G dengan indosat unlimited di debian 5.0???gimana caranya???pls help me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *