freelance ke luar negeri

Teman lama sewaktu kuliah di Universitas Gadjah Mada dulu menanyakan, bagaimana caranya mencari job ringan di luar negeri tanpa harus ke luar negeri ? Job ringan ini maksudnya hal-hal yang berhubungan dengan dunia Teknologi Informasi seperti Linux, Windows, Cisco, Internet dan sebagainya.

Saya ceritakan berdasarkan pengalaman saya mencari sendiri job2 ringan yang berhubungan dengan Linux di luar negeri. Caranya mudah tanpa harus kesana atau ikut test interview dsb. Ada 2 yang penting untuk mewujudkan itu.

1. Bisa Bahasa Inggris, gak perlu jago2 amat juga bisa yang penting bisa conversation dan writing. Dan juga kuasai Vocab bahasa Inggris yang berhubungan dengan komputer dan IT.

2. Punya akses internet pribadi dengan tools putty jika pakai Windows dan konsol/terminal jika pakai Linux.

Nah untuk yang nomer 1 gak usah dibahas. Untuk nomer 2 sedikit saya ceritakan rentetan prosesnya. Akses internet pribadi digunakan untuk memulai mempromosikan diri Anda. Ada 2 cara yang saya temukan sehingga dapat job ringan Linux di di USA dan India.

2a. http://www.getafreelancer.com/

2b. Ikutan Mailing List dan Forum Diskusi dengan topik yang kita kuasai dengan mahir.

Pembahasan 2a.

Daripada buka situs sosial seperti Facebook, Friendster, dsb atau Chattingan gak jelas seharian, lebih baik buka http://www.getafreelancer.com/ Temukan dunia baru bersama ratusan pemain IT se dunia disana. Disamping saingan kita sebagai pemburu project sampingan(temporary) disana juga ada Pemberi project yang memposting berbagai project2 yang siap diperebutkan. Jadi di situs itu ada Service Providers yaitu pencari project dan Project Creator sebagai pemberi Project. Saya sebagai Service Providers. Lebih detailnya silahkan buka situsnya dan daftar dulu disana dan ikuti aturan mainnya.

Pembahasan 2b.

Ikutan Mailing List dan Forum Diskusi dengan topik yang kita kuasai dengan mahir merupakan wajib bagi pekerja IT. Disamping membantu orang kita juga pasti mendapat ilmu. Usahakan ikutan  Mailing List dan Forum Diskusi dalam dan luar negeri. Disini jangan asal menjawab usahakan jawab sesuatu yang benar2 kita bisa. Dan jangan sok jago kalau ilmu masih kampungan…hehehe. Biasanya di Mailing list dan forum selalu ada yang melemparkan project dan kita bisa berkomunikasi melalui japri(jawaban pribadi) ke yang bersangkutan.

Mungkin ini dulu yang bisa saya bagi ke teman lama saya itu, Yang pasti dari 2a dan 2b saya sudah merasakan duduk2 aja bisa dapat dollar. Apalagi rupiah masih gak jelas….hehehehe…

Oh iya satu lagi yang paling penting kepercayaan, untuk itu pergunakan sebaik2 nya kepercayaan yang diberikan misalnya memegang server dengan baik. Hasilnya project yang short akan berubah menjadi kontrak terus menerus dan yang saya salut client saya di India mempercayakan 24 server linuxnya yg dihosting di data centre India dan data centre USA untuk saya remote sebagai admin remote.  Kalau sudah kek gini yah jam tidur berkurang.

3 thoughts on “freelance ke luar negeri

  1. heru

    Bang Gultom, saya percaya semua ini adalah hasil perjuangan tak kenal menyerah selama bertahun-tahun dalam hal penguasaan teknis dan non teknis. Orang pasti akan melihat bahwa Abang sekarang sudah enak, sambil duduk duduk bisa meraup dolar :) pasti akan lebih seru kalau momen-moment perjuangan itu diangkat kembali untuk menambah semangat kami yang masih junior…

  2. bob

    Bang Gultom thanks atas infonya btw kira2x klo diluar negeri kita mesti matok harga berapa, maklum bang saya ga tahu standarnya untuk networking engineer atau mereka akan ngasih tawaran tersendiri? klo bisa balas ke email ya bang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *