ngadmin warnet

| Posted in Daily life, Linux Server, Load Balancing, Project

Warnet Kencana Putra DSC01069

Aku baru ingat punya kerjaan sampingan ngurus warnet(warung internet).  Disamping warung internet dilengkapi juga warung telepon dan fotocopy.

Aku diberitahu operatornya bahwa ada penambahan komputer baru dan beberapa komputer sering hang. Sementara server router load balancing ke 2 ADSL ke TelkomSpeedy dan billing tidak bermasalah. Untuk ini aku luangkan waktu pulang kerja menyelesaikan pekerjaan disana. Tahapan yang kulakukan Maintenance komputer lama, setting komputer baru agar bisa internetan dan masuk ke billing, dan terakhir tunning server router.

Untuk komputer client yang digunakan user setelah diinstall sistem operasi dan software-software pendukung ke internet dan office perlu ditambahkan tools seperti Deep Freeze Workstation Enterprise Edition, yang sangat baik menjaga kondisi instalasi di harddisk tetap aman. Untuk server dilakukan proses tunning/upgrade software router dan capturing grafik pemakaian internet sejalan dengan penambahan komputer baru, sehingga diketahui bandwidth internet yang ada apakah masih mencukupi atau tidak. Hasil ini tentu aku tunjukkan ke ownernya agar paham jika diperlukan tindakan upgrading bandwidth internet kedepan.

Jadi ingat saat masih kuliah dulu juga ngadmin warnet di Jogja dan Pekalongan. Semoga maju terus bisnis perwarnetan di Indonesia.

Comments (2)

Ma Hendry, saya ad rencana mao bangun warnet, client menggunakan windows xp, server mengunakan ubuntu, koneksi speedy, yg saya mao tanyakan, apa aja yg mesti saya install di ubuntu server selain squid, bw ,dhcp, toloang kasih tau saya juga dimana saya dapet contoh settingnya karena saya baru belajar install server, billingnya menggunakan windows xp.

Thks atas bantuannya.

Aurel

Thanks dah posting mas Aurel

belajar sendiri linux juga bisa jika ada keinginan, tapi kalau mau lebih terpola dari instalasi sampai konfigurasi ada baiknya pakai konsultan dulu sampai ada proses trainingnya, dari situ bisa ditinggal sendiri sampai diguidance utk maintenance. Kalau berminat pakai jasa saya bisa email saya di henry@gultom.or.id

Write a comment