Interview kedua dengan Google

| Posted in Daily life, Google Inc.

Setelah menunggu seminggu, akhirnya saya diberitahu untuk masuk ke tahap II interview dengan perusahaan GOOGLE. Selanjutnya melalui email disepakati tanggal dan jamnya, dan aku punya waktu 3 hari mempersiapkannya dimana materi interview tahap II akan lebih banyak ke pertanyaan technical. Pihak recruiter juga memberitahukan materi pertanyaan akan seputar :

TCP/IP, UNIX, LINUX, System Administrator, Math, Data-Structures, Algorithms, C++, JAVA, perl, bash, mysql.

Kalau dilihat dari materi diatas cukup banyak dan wajar Google mengklaim karyawannya adalah expert dan Guru di bidangnya masing-masing. Untuk  materi TCP/IP, UNIX, LINUX, System Administrator, perl, bash, mysql, Math, Data-Structures saya memiliki basic yang kuat, tetapi untuk materi Algorithms, C++, JAVA saya tidak pernah berkutat didalamnya jadi perlu belajar lagi. Proses interview tahap kedua hanya 60 menit dan waktu saya hanya 3 hari untuk mempersiapkannya.  Waktu singkat saya pakai mempelajari dasar Algorithms, C++, JAVA dan Data-Structures.

Akhirnya hari interview tahap II tiba, dengan kemampuan dan usaha saya coba jawab satu persatu pertanyaan mereka. Ada banyak sekali pertanyaan sekitar 25 question lebih ditanyakan, kalau saya jawabnya benar pasti reaksi mereka bilang ‘Great’ atau ‘Good’ nah kalau jawabnya kurang benar keluar suara ‘hmmm’ atau diam saja melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya.  Pertanyaan TCP/IP, UNIX, LINUX, System Administrator, perl, mysql relatif bisa saya jawab benar ada pertanyaan basic dan ada pertanyaan advanced, hampir semua pertanyaannya pernah saya pelajari dan bagian dari job pekerjaan saya selama ini,  jadi pengalaman memang penting dan menjadi guru yang utama. Jika anda belum pernah jadi system administrator unix/linux selama lebih dari 3 tahun jangan harap bisa menjawab pertanyaan mereka.

Untuk materi Math, Data-Structures, Algorithms, sepertinya tidak terlalu baik menjawabnya. Contoh dari Big-O notation, sorting, balance, integers, tree, Hashtables, n-choose-k problems, dan lainnya agak sulit dan saya cenderung bingung.

Untuk materi C++,bash, dan Java tidak ditanyakan sampai akhir interview tahap II, Recruiter Google mengatakan akan memberitahukan hasilnya seminggu setelah pembicaraan dengan management.

Saat artikel ini saya tulis saya sudah mendapat jawabannya dan pihak Google dan akan melanjutkan interview tahap III, seminggu kemudian dengan tambahan media menggunakan Google Docs dan Gtalk.  Materi  C++,bash, dan Java juga akan diikutkan disini. Perjalanan menuju Silicon Valley- Mountain View CA sudah setengah jalan, pengalaman baru bagi saya di interview perusahaan sebesar GOOGLE.  Karena Tahap III merupakan tahap akhir yang menentukan  untuk calon karyawan diluar USA, sebelum diberangkatkan ke kantor pusat mereka untuk test tahap akhir.

Comments (1)

Wah gw ikut berbahagia nih pak kormanit Gultom, moga bener2 bisa jadi musuhnya yahoo :)

  • lg bingung mo ngapain, tiba2 bisa sampai blog lu xixixi

good luck

Write a comment