Instalasi IP Camera untuk rumah,warnet,kantor

| Posted in IP Camera, Linux Server, Project, Security

Manfaat IP Camera dapat memantau toko/kantor/pabrik dari rumah, dan banyak lainnya. Dapat memantau dari jarak jauh, kantor perwakilan-cabang dari pusat secara langsung (dengan remote camera, wireless camera, IP Camera, kamera cctv Internet atau via satelit). Dapat mengawasi rumah (babby sitter/pembantu dll) selagi anda bekerja di kantor, mengawasi pegawai, murid sekolah, dll.

Instalasi IP Camera kali ini untuk memantau sebuah usaha warung internet, dimana pemiliknya membeli sebuah ip camera dan ditempatkan di tempat usahanya dan dapat memantau perkembangan usahanya dari luar melalui internet.  Usahanya terdiri dari warnet, fotocopy, wartel.  Topology jaringannya secara singkat sbb :

ip camera———->switch———>server proxy——->modem ADSL Speedy———>internet<-----pemilik usaha

Langganan internetnya menggunakan Speedy Biz 3 MB jadi sudah memiliki IP Static di modemnya yang tidak berubah-rubah. Untuk proses instalasinya :

1. Pasang IP Camera disalah satu sudut yang strategis di tempat usahanya


2. Hubungkan ip camera ke switch(hub) menggunakan cable LAN, Setting IP dan port pada IP Camera device dalam hal ini diberikan IP Privat(local)


3. Forward Port ip camera dari modem ADSL Speedy ke server Proxy, kemudian dari server proxy forward port ip camera ke IP device IP Camera.


4. Si pemilik Usaha akan dapat mengakses IP Camera melalui IP Static(Public) ADSL Speedy dengan port IP Camera.


Berikut instalasinya yang sempat saya dokumentasikan dengan text dan capture gambar :

Proses 1-2 bisa dilihat gambar dibawah ini, dimana IP Camera disambungkan ke switch D-Link,  kabel warna biru adalah kabel dari IP Camera device ke Switch :

Selanjutnya masuk ke konsol/web IP Camera device untuk setting IP Privat dan Portnya. Misal IP Privatnya 192.168.1.236 dan portnya 81 Jangan lupa set user dan password untuk login ke IP Camera ini. Kalau masih bingung bisa buka buku manual yang diertakan sata membeli perangkat IP Cameranya.

Proses 3, masuk ke konsol Modem Speedy dalam kasus ini menggunakan Modem ADSL Huawei SmartAX MT882a :

Basic—————-> NAT———————->Virtual Server

Masukkan Port IP Camera dan di forward ke IP Server Proxy :

Selanjutnya login ke Server Proxy(eth0 ke modem speedy, eth1 gateway LAN)  dan setting forwarding IP dan Port ke IP Camera device:

#iptables -A PREROUTING -t nat -i eth0 -p tcp—dport 81 -j DNAT —to 192.168.1.236:81

#iptables -A INPUT -p tcp -m state—state NEW —dport 81 -i eth0 -j ACCEPT

#iptables -nvL -t nat
Chain PREROUTING (policy ACCEPT 703K packets, 43M bytes)
pkts bytes target     prot opt in     out     source               destination
571 34260 DNAT       tcp —  eth0   *       0.0.0.0/0            0.0.0.0/0           tcp dpt:81 to:192.168.1.236:81

Sampai disini sudah selesai tinggal testing pada proses 4:

Dari luar si pemilik usaha tinggal masuk melalui browser seperti internet explorer,firefox ke IP Static Modem ADSL dan portnya kemudian login dan bisa melihat secara real time kegiatan di tempat usahanya.

Comments (29)

wao keren banget kk, kameranya bisa tersembunyi gt , hehehe, cobain ah hehehehe, thanks kk atas tutorialnya

tanks ya artikelx membantu….

mau ty biaya langganan speedy Biz 3Mb brp? Tx

mau tanya bos, cara setting port forwarding tsb gmn ya u/ detailnya? sy pny modem adsl tp link. mau ngeliat ip camera sy lewat internet. mohon pencerahannya. thx (msh awam)

@Rich :
kalau ada settingan ip dan port pada camera anda diset ip privat(lokal) , sehingga bisa diakses lewat browser anda. cth 192.168.1.100

kemudian masuk ke konsol tplink anda dan cari fasilitas port forwarding bisa saja berbeda namanya tergantung vendor nya , baca buku manualnya biar jelas…lalu diset pada konsol tplink anda untuk mengarahkan ke ip camera dan port nya, kalau speedanda paket 3 mb sudah ada ip public static pada modemnya sehingga anda bisa mengakses dari internet misalnya : http://118.92.91.213:8171

Tidak perlu pakai router lagi kan?
koneksi forwardnya langsung kemodem adsl bawaan spedynya ya?

Tolong petunjuknya

Terimkasih

oh ya klu pake webcam logitec bisa ga?

Biar lebih murah mencobanya

Bang Kalau dibuat untuk skripsi kira2 cocok gak & kira2 banyak gak referensinya

mas bisa di terangin lebih detail g mas ???

trus … klo cctv nya lebih dari satu gmn cara penanganan di web nya ???

Maaf….bisa lebih ditel lagi gak jelasinnya ?

mas klo IP camera a tanpa proxy apa bisa. . .

soal a aku lom ngeti bnget dengan nama a proxy

@Harry, Ashari : artikel diatas sudah detail pak, cuman agak teknis yang buat bingung, baiknya dicoba langsung dengan peralatan yang kurang lebih sama diatas.

Anda : bisa tanpa proxy, dicoba dulu aja kalau ada masalah sila posting disini atau ke email saya henrygultom.or.id

mas nanya untuk akses inetnya selain speedy apa bs d ganti dgn vps ? klo bs gmn topologinya ?

itu install ip cam kudu pake switch sama router ya? soalnya ane coba langsung dari PC ke IP cam lewat colokan ethernet ga bisa dapet IP nya. :(

untuk IP camera itu record nya gmn ya!di akses da bisa terus gimana ya cara ngrecordnya?supaya bisa di putar ulang hasil recordnya.

trim pak!tutorialnya sangat membantu…

Omm..Kalo ip cam nya mau kita record dan datanya kita simpan di server bisa ngga?.jadi hasil record nya bisa kita lihat lewat internet dengan cara mengakses server kita.

salam dari anak infoasia :d

@Slamet Riyadi,
konsepnya bisa juga diakses lewat internat(domain) tinggal memakai domain yang dikenalin di internet dan di pointing ke IP router atau ip publik pada kamera jika memliki blok IP Publik. Jika tidak memiliki IP publik bisa memakai ip publik di router dan di port forward ke ip privat camera. Jadi tinggal dibrowse ke alamat domain dan login.

Caranya bagaimana pak ? jika kita pakai ip publik di router dan ddns ?

thanks

@Sansan, kalau ada ip publiknya gak usah pake ddns, langung port forwarding saja ke komputer cameranya. syaratnya di router and support fitur port forwarding.

bang henry, mau tanya.
nah kalau routernya tidak ada fitur port forward, bisa kan pakai ddns? :-/

dear all

saya punya wirelles ip camera yang sudah di kasih DDNS nya dari pabrik,tapi saya menemui kesulitan untuk cara setting ke modem router nya speedy merk tp-link,setelah kamera saya setting dan beroperasi dengan sistem wireles,tapi untuk ddns nya ko error dan kamera juga tidak bisa membaca gatway dari router. padahal ip kamera sudah saya port forwarding di router.saya mohon bantuan untuk penjelasan nya

thank

kemarin saya setting Camera Tp-link menggunakan modem ADSL Tp-link 8840T, saya sudah mempunyai IP statik, cuma yang saya bingung kok tidak bisa di panggil ya menggunakan port nya, bisa dipanggil nya cuma IP statik nya, dan jika menggunakan Camera lebih dari satu butuh alat lagi apa tidak ya? tk’s

Mlm Om, mau tanya sy py ip camera linksys wvc210 sama modem adsl tplink w8101g trus pk speedy tp bkn yg ip static, bgm cara setting ke modemnya ? mohon bantuannya,thanks.

KK bgmn klu kita pakai DVR yg ada ipnya apakah sama seperti camera IP setingannya,trus saya pakai proxy server PFsense bgmn setingannya,trims

selamat malam, pertanyaan saya sama dengan

Ikhsan Said On 04-05-2011

mas nanya untuk akses inetnya selain speedy apa bs d ganti dgn vps ? klo bs gmn topologinya ?

terima kasih

Maaf kebetulan saya pakai ip cam seperti foto di atas, boleh minta software dan drivernya? trima kasih.

maaf, kalau speedy saya belum memiliki ip publik bagimana caranya kalau menggunakan ddns?

terima kasih.

Maaf numpang tanya,, kira” IP Camera yang bagus untuk speedy 512Kbps dan digunakan untuk indoor merk dan tipe apa ya pak? Terima kasih

Write a comment