Instalasi RHEL 5 dan Debian 6 pada Sun Fire X4170 Server

| Posted in Linux Server, Sun Sparc,Sun Fire

Kantor kedatangan 3 server Sun Fire X4170 Server, server ini merupakan keluaran Oracle Sun dengan prosesor x86. Server ini seharga 25 juta an.

Ketiga server ini akan di isi sistem operasi Linux distribusi Red Hat Enterprise 5 dan Debian 6. Setelah sistem operasi selesai diinstall baru di isi dengan aplikasi WiMAX 802.16d

Tahapan awal instalasi Red Hat Enterprise Linux 5.3 saya siapkan 6 cd instalasi RHEL dengan lisensinya, serta laptop untuk konfirgurasi ke ILOM Sunfire x4170.

CD installer, Laptop, Aten UC-232A

Saya mulai dengan masuk ke Sun Integrated Lights Out Manager (ILOM) pada Sun Fire x410 server, saya menggunakan putty.

Setting IP address untuk ILOM

Reboot

Setelah reboot kita pindahkan kabel yang sebelumnya di SER Management ke NET Management dibelakang Server Sun Fire x4170.

Kemudian kita set IP addres pada laptop satu subnet dengan ip yang sudah set pada ILOM. Dan menggunakan browser yang sudah kita install Oracle Java kita bisa launch installation ke IP address ILOM..

Login root password changeme

CD RHEL 5 installation disk 1 kita masukkan ke DVD Room Sun Fire x4170

Pada interface ILOM pilih Remote Control dan kita launch installasi RHEL 5

Remote Control.

Kita lanjutkan proses installasi RHEL 5

Tinggal mengikuti interface installasi satu persatu, sampai kita memasukkan cd 1-6

Hore selesai instalasinya…

Selanjutnya reboot dan masuk ke consol Red Hat Enterprise Linux.

Instalasi sudah selesai, selanjutnya saya konfigurasi IP Address dan Bonding, RAID, service yang diperlukan, serta security hardening.

Untuk Debian 6 sebenarnya sama saja prosesnya dengan diatas, perbedaan pada saat instalasi Debian 6 nya saja. Server Sun Fire x4170 yang kedua sudah saya siapkan sampai koneksi ke ILOM. IP Address ILOM Server Sun Fire x4170 yang pertama dan kedua harus berbeda.

Capture dibawah ini sampai pada saat kita Lauch Remote Control :

Interface Instalasi Debian 6

Selanjutnya ikutin langkah instalasi

Sampai disini saya sudah bisa masuk ke konsol Debian 6 dan memaulai konfigurasi IP Address, Bonding, RAID, Security Hardening.

Comments (1)

salam kenal pak, kalau boleh tanya bagaimana reset OS di sun fire v210, karena sampai sekarang tidak mengerti step by stepnya- terima kasih

Write a comment